Contoh Karya Tulis Ilmiah Askep Selulitis Pedis Dextra

INTISARI

ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY “M” DENGAN
SELULITIS PEDIS DISTRA  DI RUANG MELATI
RSUD PANEMBAHAN SENOPATI
BANTUL YOGYAKARTA


DITHA NUGRAHA NURYAHUTHAMA

Latar Belakang : Selulitis mempunyai tiga karakteristik yaitu, Peradangan supuratif sampai di jaringan subkutis, Mengenai pembuluh limfe permukaan, Plak eritematus, batas tidak jelas dan cepat meluas. Selulitis sendiri dapat terjadi pada berbagai tingkat usia Penyebab Selulitis diantaranya adalah infeksi bakteri dan jamur, serta disebabkan oleh penyebab lain seperti genetik, gigitan serangga dan lain – lain. Untuk menghindari terkena Selulitis biasanya dilakukan dengan melembabkan kulit secara teratur, Potong kuku jari tangan dan kaki secara hati-hati, Lindungi tangan dan kaki, Rawat secara tepat infeksi kulit pada bagian superficial.Di Indonesia sendiri kasus ini kerap terjadi di masyarakat, namum belum ada penelitian dan data yang menjelaskan secara utuh tentang kasus Selulitis di Indonesia. Berdasarkan data yang didapat tentang kasus Selulitis di rekam medis RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta dari tanggal 1 januari 2015 sampai dengan 31 mei 2015 terdapat 13 kasus penderita selulitas Mempertimbangkan hal tersebut, maka penulis turut berperan aktif dalam mempertimbangkan asuhan keperawatan dengan pendekatan proses keparawatan pada pasien Selulitis yang akan penulis susun dalam bentuk Laporan studi kasus berjudul “asuhan keperwatan pada Ny M dengan Selulitis pedis distra di ruang Melati RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta”. 


Metode : Penulis menggunakan metode deskriptif. Adapun sampelnya adalah Ny “M” sedangkan metode yang digunakan adalah Observasi, wawancara, pemeriksaan fisik, dan studi dokumentasi.

Hasil : Setelah memberikan Asuhan Keperawatan Pada Ny M Dengan Selulitis Pedis Distra di ruang RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta” selama 3 x 24 jam yaitu pada tanggal 08 Juni sampai dengan 11 Juni 2015 penulis mendapatkan pengalaman secara nyata dalam melaksanakan asuhan keperawatan, yang meliputi pengkajian, perumusan diagnosa keperawatan, intervensi keperawatan, implementasi keperawatan, dan evaluasi keperawatan. dari ke 5 diagnosa yang muncul PK Infeksi, Kerusakan integritas jaringan kulit, Hipertermi, Nyeri dan Kurang Pengetahuan pada kasus ini 3 diagnosa dapat teratasi  Hipertermi, Nyeri, kurang pengetahuan dan 2 diagnosa belum teratasi sebagian PK Infeksi, Kerusakan Integritas jaringan kulit.

Kesimpulan : Berdasarkan tinjauan kasus pembahasan dan kesimpulan diatas terlihat bahwa masih diperlukan perawatan yang lebih lanjut hal ini disebabkan karena kondisi pasien yang masih memerlukan  perawatan secara komprehensif, Penulis mengharapkan pada pihak pendidikan untuk memperbanyak literature Selulitis edisi terbaru (maksimal 5 Tahun ke bawah) dan minimal ada 5 buku, sehingga literature itu dapat sebagai sumber informasi dalam penyusunan Laporan studi kasus dan mengoptimalkan dalam memberikan Asuhan Keperawatan pada pasien Selulitis.


Kata Kunci : Asuhan Keperawatan,Selulitis Pedis Distra
Karya Tulis Ilmiah Askep Selulitis Pedis Dextra by Ditha Nugraha Nuryahutama on Scribd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar